Rabu, 01 Desember 2010

PENYAMARAN WAJAH MENJADI WAJAH ORANG TUA

PENYAMARAN WAJAH MENJADI WAJAH ORANG TUA
-
-
Seorang pria Cina usia 20-an menempelkan kulit keriput palsu yang terbuat dari silikon di wajahnya. Sekejap, ia pun menyamar menjadi pria kulit putih yang sudah lanjut usia.
-

Pria ini sempat
berhasil mengelabui petugas imigrasi di Vancouver, Kanada, sebelum kemudian penyamarannya terungkap karena detail yang lupa ia lakukan. Kendati sudah menyamar menjadi seorang kakek tua, ia lupa tak menutupi tangannya sehingga kulit mudanya masih terlihat.
-
Penyamarannya pun terbongkar dan kini ia tengah berada dalam investigasi pihak berwenang di Kanada. Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Janet Napolitano, khawatir kasus ini bisa dimanfaatkan teroris untuk melakukan penyamaran.
-

Pihak berwenang tak menyatakan bahwa pria Cina yang ditangkap itu memiliki kaitan dengan jaringan teroris mana pun. Ia mendarat dari pesawat Air Canada yang bertolak dari Hong Kong pada 29 Oktober 2010 lalu.
-
Pihak keamanan di Kanada belum mengungkapkan identitas sang penumpang pria tersebut. Sumber di pemerintahan AS menyebutkan ada paspor AS yang digunakan dalam upaya imigrasi ilegal itu.
-

“Penumpang itu terlihat sebagai pria Kaukasia yang sudah lanjut usia, ternyata memiliki tangan yang masih muda,” demikian keterangan Buletin Dinas Perbatasan Kanada. Menurut dokumen, pria itu memiliki tas yang berisi peralatan penyamaran yang terdiri atas silikon yang ditempelkan ke kepala dan leher, topi kulit cokelat, kacamata, dan kardigan cokelat tipis yang biasa dipakai orang tua.
-

Makeover canggih itu jauh lebih rumit daripada dalam kasus-kasus sebelumnya, di mana tersangka hanya mencoba mencocokkan model rambut, pakaian, dan tinggi pemegang paspor yang mereka curi identitasnya. “Ini adalah metode merek baru,” kata Wakil Menteri Keamanan Hong Kong, TK Lai.
-

Pejabat keamanan Hong Kong mengatakan, penipu itu adalah warga Cina daratan yang sedang transit di Hong Kong. Mereka menolak memberikan keterangan lebih lanjut. (Sumber: Republika)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar