Rabu, 13 Oktober 2010

Motivasi ~ Embun Bagi Jiwa

Setiap orang membutuhkan orang lain

Dan seorang teman membutuhkan teman lain

Dan kita semua membutuhkan kasih,

Karena kepenuhan hidup bergantung

Bukan pada kekayaan yang berlimpah

Atau tepuk tangan yang meriah,

Bukan pula pada kesuksesan ataupun ketenaran dunia,

Namun, pada kesadaran bahwa seseorang mempedulikan

Dan membawa serta kita dalam pikiran dan doanya-

Dan kesadaran bahwa kita dipahami

Akan membuat kehidupan kita

Setiap hari terasa begitu indah,

Kita telah mengabaikan kebutuhan terbesar kita

Jika kita “menutup hati” dan lalai memperhatikan

Tangan yang menggapai-gapai

Orang-orang yang hati dan pikirannya Kesepian dan

membutuhkan seseorang untuk berbagi Sukacita dan kepedihan,

sehingga kita paham Bahwa kepenuhan dan kesempurnaan hidup

bergantung pada Hal-hal yang kita bagikan dengan orang-orang

dan teman-teman yang kita kasihi.


“belajarlah dari kesalahan orang lain , anda tak
dapat hidup cukup lama untuk melakukan kesalahan itu sendiri”

“Membutuhkan Orang lain”


Kadangkala kita sering terkecoh dengan keberhasilan, jabatan dan nama besar seseorang. Dibalik kejayaan seseorang pasti tersimpan catatan panjang perjuangan dan pengorbanan. Keringat dan kegagalan. Tak ada jalan pintas menuju sebuah tangga kesuksesan yang dilalui tanpa andil orang lain.

Ini kadang terlewati dan sadarkah kita seringkali menyepelekannya. Misalnya ketika menulis buku. Kita memang yang menulis dan mencantumkan nama kita sendirian. Tapi dibalik itu, peranan orang lain juga turut andil. Ada editor, penerbit, maupun orang-orang disekeliling kita yang menjadi inspirasi.

Banyak sekali orang yang memiliki tanggung jawab besar, mengelola sebuah organisasi dengan puluhan cabang diseluruh Indonesia. Tapi tahukah bahwa orang tersebut tidak mungkin melakukannya sendirian. Dia pasti didampingi beberapa orang lain yang siap membantunya. Dan setiap orang lain tersebut melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil.

Tanpa mereka (baca orang lain), dia tidak mungkin mampu memikul tanggung jawab besar tersebut. Ada sebuah pepatah yang bagus, bahwa segala sesuatu urusan didalam organisasi/perusahaan tidak ada yang rumit dan pelik.. memang satu urusan membutuhkan tanggung jawab yang besar, namun tidak pernah rumit. Segala sesuatu bisa diambil cara sederhana.

Pepatah ini menggugah kesadaran kita yang kadang melupakannya. Bahwa kita tidak mungkin melakukan sesuatu sendirian. Dalam setiap pekerjaan, pasti ada peran orang lain, dan selama ada peran orang lain yang membantu, tidak ada
satu hal pun yang mustahil kita lakukan.

Bahwa semua pekerjaan besar terbagi dalam pekerjaan-pekerjaan kecil. Semua pekerjaan besar, dapat dipecah menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Maka jangan egois untuk mengatakan bahwa kita bisa mengerjakan besar sendirian.

Artikel diatas tersebut sangat menarik …“Belajarlah dari pengalaman” pengalaman yang kita rasakan ataupun pengalaman orang lain. Ungkapan tersebut sering kita dengar. Belajar dari kesalahan orang lain akan membuat kita lebih efektif mencapai tujuan. Pengalaman selama bekerja akan menjadi menarik apabila dapat dibagikan dan dikupas bersama-sama. Pengalaman kebuntuan gagasan, pengalaman kesulitan menembus sesuatu. Pengalaman kegagalan akan menjadi sangat menarik untuk dibagikan ke orang lain selain cerita keberhasilan tentunya yang akan lebih menarik untuk dipahami.

Kita memang membutuhkan orang lain…kehidupan dapat berjalan dengan orang lain.. apabila kita berjalan sendiri maka kita akan menjadi orang yang kesepian…orang yang kaya raya adalah orang yang bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain walaupun dia dalam kondisi apapun.

Semoga aku bisa menjadi orang yang kaya raya…amien..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru Hadi atau Abdul Hadi bin KH. Ismail (1909-1998)

  H. Abdul Hadi (1909-1998) Guru Hadi atau Abdul Hadi bin KH. Ismail dilahirkan pada tahun 1909 M di Gang Kelor Kelurahan Jawa, Manggarai Ja...